1000 Parikan dalam HUT 40 th SMP Negeri 21 Semarang

Caption for this image
Parikan adalah pantun dalam bahasa Jawa yang bisa digunakan sebagai ungkapan dalam kehidupan sehari hari, dalam memberikan nasehat atau ajakan yang positif. Bertepatan dengan Hari Batik Nasional sekitar 800an siswa SMP 21 dengan seragam batiknya, hari ini memperingati HUT ke 40 th dengan menggelar pembuatan  1000, yang berisikan nasehat sebagai bentuk dari pelestarian budaya dalam hal ini adalah Bahasa jawa, HUT yang jatuh tepat tanggal 1 Oktober ini diperingati sekaligus di hari Senin bersamaan dengan Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila , 2/10, di lapangan upacara SMP 21, Karangrejo Banyumanik Semarang.

Senada dengan Tema Besar HUT ke 40 yaitu “40 th SMP Negeri 21 Semarang, Merangkai Kebersamaan dengan Merajut Budaya Lokal untuk Membangun Siswa Berkarakter Tangguh, Cerdas, Santun dan Berbudi Luhur”, Kepala Sekolah SMP 21, Drs. Widodo MPd menyampaikan bahwa, “kegiatan pembuatan Parikan ini merupakan bentuk perayaan HUT yang bukan sekedar euforia tapi sebagai bentuk sekolah memberikan pembelajaran kepada siswa dalam mengapresiasikan ide dan kreativitas dalam berbahasa Jawa sekaligus nguri uri Budaya Jawa”.

Widodo juga menambahkan bahwa pembuatan parikan ini dibawah bimbingan Guru Bahasa Jawa dalam pembuatannya.“Kumpulan karya parikan yang dibuat oleh para siswa ini rencananya akan dibukukan dan akan dipersembahkan untuk Balai Bahasa” ujarnya.

Selesai apel pagi Siswa secara serentak membuat parikan yang memang sudah mereka persiapkan sebelumnya dan lolos seleksi dari guru bahasa Jawa. Dilanjutkan dengan membacakan 40 Parikan terbaik sesuai dengan usia 40th SMP 21, yang dibaca oleh Guru, Karyawan dan Perwakilan Siswa. Kemeriahan peringatan juga di wujudkan dengan pembentukan koreografi angka 40 yang dibentuk oleh seluruh siswa dengan menggunakan Stopmap warna warni.

Ketua Panitia HUT dari Paguyuban Orang Tua Murid, Ira Rahmawati, menyampaikan bahwa  kegiatan ini sangat positif merangsang siswa untuk berkreasi dalam kata dan bahasa jawa. “ di Usia ke 40 th ini SMP 21 menjadi sebuah lembaga pendidikan yang terpercaya dalam mencetak siswa siswi berkarater tangguh, berbudi luhur, memiliki prestasi yang gemilang baik dibidang akademik maupun non akademik” demikian dikatakan oleh alumni 95 yang pada saat Aksi 1000 Parikan turut membacakan beberapa parikan .
Salah satu parikan yang dibacanya adalah,
“Nggelar Klasa, ngombe bajigur,
Ngaturaken sugeng tanggap warsa, kagem SMP Selikur”
 
Sementara Agus Pramono, M.Pd Ketua Panitia dari Guru-guru, sekaligus pencetus ide parikan ini bersama rekannya Setyo Listanti, M.Pd, menyampaikan bahwa, Penyelenggarakan kegiatan HUT ke 40 th ini menjadi sangat spesial karena ini merupakan kerjasama antara, Sekolah, Siswa, Orangtua Siswa serta Alumni. “Alumni yang terlihat antusias pada penyelenggaraan tahun ini almuni angkatan 95” tambahnya. “Kami ingin menyentuh seluruh stakeholder baik internal maupun internal SMPN 21 dalam penyelenggaraan acara ini, sehingga akan selalu terjalin rasa cinta almamater dan hubungan yang selalu berkesinambungan”jelasnya.

 

Tags :

Leave A Comment