Sejarah Singkat Hari Kesaktian Pancasila

Caption for this image
1 Oktober merupakan hari Kesaktian Pancasila, dimana setiap tahunnya selalu kita diingatkan kembali tentang peristiwa G30SPKI yang tragedi ini membuat kita ngenes dan prihatin atas terbunuhnya secara keji pahlawan revolusi yang sangat kita hormati, antara lain: Letjend. Ahmad Yani, Mayjend. R. Suprapto, Mayjend. Haryono, Mayjend. S. Parman, Brigjend. D.I Panjaitan, Brigjend. Katamso Darmokusumo, Kapten Piere  Tendean, AIP Karel Susuit Tubun dan Kolonel Sugiono serta termasuk juga putri dari Jend. A.H Nasution yaitu Ade Irma Suyani.
 
30 September 1965 PKI melancarkan gerakannya, tidak segan-segan menyiksa dan membuang mayat-mayat Pahlawan Revolusi kita ke sumur tua yang kita kenal sebagai sebutan Lubang Buaya. PKI pun juga berhasil menguasai sarana Komunikasi RI yaitu RRI dan Pusat Telekomunikasi serta menginformasikan secara gencar mengenai gerakannya tersebut.
 
Soeharto yang saat itu juga menjabat sebagai Mayor Jendral tetapi namanya tidak tercantum dalam daftar tokoh yang harus dimusnahkan, Sehingga Soeharto mendapatkan kesempatan untuk memegang kendali komando dan membuat beberapa kebijakan strategi penting yang kemudian berhasil merebut kembali Jakarta dari genggaman pemberontak PKI Dalam tempo sehari, sehingga upaya pembentukan 'Dewan Revolusi' dapat digagalkan.
 
Pada tanggal 1 Oktober 1965 tepatnya pada pukul 20.15 WIB, Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat melalui RRI memberitahukan bahwa telah terjadi gerakan Kontra Revolusi yang berhasil menculik 6 Jenderal senior TNI Angkatan Darat. Namun situasi dapat dikuasai kembali dan kemudian Tepat pada jam 21.00 WIB pemerintah lewat Mayjend. Soeharto mengumumkan PKI di Indonesia berhasil di tumpas. Dan akhirnya tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila, dan untuk mengenang para Jenderal yang menjadi korban keganasan PKI.
 
Kita sebagai Rakyat Indonesia harus menjunjung tinggi Ideolgi bangsa yaitu Pancasila jangan sampai melupakan sejarah ini, mesti terdapat banyak pro dan kontra nya dari film G30SPKI. Sejarah adalah peristiwa yang harus kita ingat, semakin kita tahu sejarah tersebut maka semakin dewasa pula kita menyikapinya hingga menjadikan dasar motivasi untuk berbuat yang lebih baik lagi untuk bangsa dan Negara ini.
 
Selamat  Hari Kesaktian Pancasila. Semoga ini menjadi pelajaran berharga kita dan menjadikan pemersatu anak bangsa dalam menghadapi tantangan masa depan....AYO! #belaindonesiaku #belanegara dengan #indonesiabicarabaik          
 
 

 

Tags :

Leave A Comment